Cara Membalas Chat yang Baik untuk Penjual Online Pemula

Sebagai penjual online membalas pesan dari pelanggan dengan baik merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha. Balasan dari chat penjual menentukan calon pembeli jadi atau tidak membeli produk kita atau justru kabur ke toko lain. Bahasa yang dipakai sangat berdampak pada proses terjadinya transaksi bisnis online, pahami dulu tentang Marketmu supaya calon konsumen yang masuk jadi melakukan pembelian Anda harus menguasai teknik membalas chat yang baik berikut

Teknik Membalas Chat yang Baik untuk Penjual Online Pemula

1. Membalas dengan bahasa yang sama dengan konsumen

Setiap orang punya bahasa chat tersendiri, konsumen terdiri dari berbagai macam latar belakang ada konsumen yang sudah familiar dengan istilah-istilah dalam jual beli online namun ada juga konsumen yang belum paham tentang istilah-istilah yang dipakai sehingga mereka akan menanyakan maksud itu kepada Anda. Misalnya 10% off konsumen akan menanyakan “arti 10% off itu apa” cara jawabnya jangan seperti ini “Ya kakak bakal dapat 10% …” jawaban seperti itu kurang sesuai harusnya jawab “Oh maksudnya kakak akan dapat potongan harga 10% dari harga  produk …”

2. Kecepatan membalas chat

Ketika membalas chat konsumen atau reseller pastikan dibalas secepat mungkin, jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama. Jika yang ditanyakan oleh konsumen adalah pertanyaan yang sama maka Anda bisa membuat jawaban template yang sama untuk dibalas ke banyak orang.

Cara ini sangat efektif untuk bisnis online yang sedang mendapatkan banyak chat pelanggan. Pastikan jawaban yang dibuat menjelaskan secara rinci apa saja yang jadi pertanyaan konsumen ya pahami pula tentang Marketmu supaya tau posisi sekarang mau jadi reseller atau supplier.

3. Bila banyak chat yang masuk balas dari bawah

Apabila banyak chat yang masuk Anda sebaiknya membalas dari chat yang paling bawah, karena urutan chat berdasarkan waktu pengirimannya. Urutan chat terbawah berarti customer telah terlebih dahulu chat Anda. Supaya semua customer maupun reseller bisa terlayani dengan baik.

4. Perhatikan tanda baca jangan terlalu banyak emoticon

Seputar bisnis online cara menjawab chat harus menggunakan bahasa yang sopan, hindari keluar dari topik pembicaraan karena akan terlihat tidak profesional. Gunakan tanda baca yang sesuai supaya tidak ada salah paham. Penting jangan terlalu banyak memakai emoticon yang sifatnya berlebihan karena itu akan mengganggu.

5. Akhiri chat dengan pertanyaan

Calon Customer akan melakukan chat dengan Anda diawali dengan sebuah pertanyaan misalnya “Ready stok” Jika Anda hanya menjawab “ready kak” Setelah itu customer berhenti bertanya itu tandanya dia sedang memikirkan tentang produk yang Anda jual.

Nah cara supaya tidak di PHP customer seperti ini yaitu Anda bisa mengakhiri jawaban dengan pertanyaan seperti “Ready kak, kakak mau warna apa?” Jika dijawab demikian maka customer jadi tidak ada waktu untuk berpikir karena customer akan menjawab  pertanyaan Anda. Terus lakukan teknik bertanya ini sampai terjadi closing dan mendapatkan penghasilan.

6. Fokus pada penjualan abaikan chat yang mengganggu

Fokus saja pada prospek chat customer yang masuk dan abaikan chat dari orang iseng yang hanya ingin mengganggu, Anda berjualan untuk mendapatkan uang bukan menjadi tempat curhat atau yang lainnya.

7. Product knowledge

Setelah bisa menerapkan teknik membalas chat hal dasar yang perlu dipahami adalah pemahaman tentang produk apakah produk halal, berkualitas, bahan apa yang digunakan, deskripsi produk, bagaimana cara menyimpannya dan lain sebagainya. Pemahaman tentang produk ini akan membuat Anda mudah dalam menjawab pertanyaan dari customer seputar produk yang dijual.

Gimana sudah tidak bingungkan harus bagaimana cara menjawab chat yang baik bagi pelaku bisnis online pemula? Untuk permasalahan stok produk Anda juga tidak perlu bingung karena di Marketmu Anda bisa mendapatkan berbagai produk baik sebagai reseller maupun sebagai supplier, penasaran? Langsung kunjungi websitenya di  https://www.marketmu.com/

Leave a Comment