Tips Menjual Produk Otomotif di Facebook

Bisnis otomotif memang sangat menguntungkan apalagi pasar produk otomotif di Indonesia masih sangat luas dan dinamis. Berbagai produk otomotif yang bisa dijual seperti suku cadang mobil, motor dan kendaraan lainnya. Sebagai seorang pemula yang ingin terjun ke produk otomotif tentunya banyak tantangan yang akan dihadapi terutama dalam hal berjualan. Untuk membantu bisnis online seputar jualan kenali dulu Marketmu.

Tips Menjual Produk Otomotif di Facebook bagi Reseller

Jualan sekarang bisa secara online lho, jualan dengan sistem online ini telah terbukti membantu mendapatkan uang bagi pelaku usaha. Bisnis online punya kelebihan yaitu bisa dilakukan dimana saja, tanpa modal yang besar dan lebih fleksibel. Salah satu cara menjalankan online shop bisa dimulai dengan menjadi reseller produk otomotif kemudian di jual di facebook.

Mengapa Facebook?

Karena saat ini pengguna facebook di Indonesia mencapai 175,3 Juta per Maret 2021, angka ini menempatkan Indonesia ke peringkat kedua pengguna Facebook terbanyak dari seluruh Indonesia. Gimana sudah bisa kebayang kan betapa besar market yang bisa didapat dari facebook.

Lalu sekarang pertanyaannya Bagaimana Tips Menjual Produk Otomotif di Facebook?

Sebagai seorang yang menjalankan dagang online penting banget untuk bisa menjual produk reseller laris seperti produk otomotif ini. Oke sudah siap untuk menjual produk otomotif di Facebook? berikut tipsnya:

1. Punya akun facebook

Kamu sudah punya akun facebook? jika jawabannya sudah lanjut ke pertanyaan berikutnya

Apakah akun facebook pribadi sudah di branding dengan baik?

Cara branding akun facebook ini bisa dilihat pada Marketmu, Branding usaha atau facebook tentunya harus didasari pada pertanyaan dasar seputar siapa target marketnya.

  • Menggunakan nama pribadi

Sekarang ini facebook membatasi nama pengguna yang bisa dipakai, nama pengguna ini haruslah nama pribadi sehingga nama brand atau nama produk tidak bisa dijadikan sebagai nama pengguna di facebook. Lalu dimana bisa meletakkan identitas? jawabannya nama brand identitas bisa diletakkan di Bio bisa ditulis Kamu supplier produk otomotif atau lainnya yang membuat orang lain yakin dengan Kamu.

  • Foto yang relevan

Penjual produk otomotif bisa memaksimalkan branding dengan cara memasang foto yang relevan dengan produk jualannya. Misalnya pada halaman sampul, pada unggahan foto dan lainnya.

2. Mencari pertemanan dan melakukan interaksi dengan customer

Apakah pertemanan di facebook sudah banyak? Sampai berapa banyak? apakah semua teman adalah target market? Menjalin pertemanan di facebook adalah cara supaya akun facebook bisa dikatakan aktif dan bukan hanya tentang jualan. Dengan adanya interaksi pada teman di akun facebook calon pembeli juga jadi yakin bahwa akun anda reseller terpercaya tersebut bukanlah aku penipuan.

3. Menggunakan fitur marketplace

Facebook punya salah satu fitur untuk berjualan yaitu marketplace. Fitur marketplace facebook ini sangat mudah digunakan dengan tampilan yang sederhana. Kamu bisa menjual produk otomotif disini bisa menjual barang, kendaraan dan juga rumah. Ketiga kategori ini bisa dipilih salah satu jika produk kamu suku cadang bisa memilih barang. Kamu cukup upload produk berupa foto, judul, deskripsi dan spesifikasi produk yang dijual, jika kamu seorang reseller akan tambah mudah karena bisnis online tanpa modal bisa dikerjakan dari mana saja.

4. Gabung dengan grup jual beli

Selain marketplace di facebook juga ada grup jual beli yang membantu dalam meningkatkan penjualan. Gabung dengan grup jual-beli yang nice name nya sama dengan produk Kamu misalnya jual beli kendaraan, jual beli suku cadang motor, dan lainnya. Keuntungan dari grup jual-beli adalah ada orang yang masuk didalamnya merupakan pengguna facebook yang punya hobi, kegemaran serta letak geografis yang sama.

5. Buat Fanspage

Fanspage atau halaman khusus untuk memperkenalkan produk yang Kamu jual. Fanspage ini berisikan informasi-informasi penting yang disampaikan dalam bisnis namun tidak bisa tertulis secara langsung di halaman profil Kamu. Jika Kamu punya fanspage Kamu bisa menjalankan dagang online dengan fitur iklan berbayar dari facebook supaya jualan Kamu makin laris lagi.

Jualan di facebook terbagi menjadi dua tipe yaitu organik dan berbayar. Jika memilih jualan secara organik maka Kamu harus menguasai berbagai hal tentang penjualan, hal ini bisa Kamu pelajari lebih lanjut. Jika mau mendatangkan keuntungan lebih banyak namun tidak perlu repot mencari target market organik bisa menggunakan fitur iklan berbayar. Yang terpenting adalah isi konten atau produk otomotif yang kamu jual harus yang berkualitas, produk halal dan sesuai dengan kebutuhan target Marketmu. Untuk mendapatkan berbagai produk sekaligus kamu bisa menjadi reseller di Marketmu gudang produk dagang online yang laris manis.

Leave a Comment